Monday, June 20, 2011

Panduan Membuat Website

Apakah
Anda senang membaca? Belum tentu ya? Apakah Anda pernah menulis? Apa lagi yang ini...alt Membaca menempatkan kita sebagai konsumen informasi, sedangkan kegiatan menulis tingkatannya lebih tinggi lagi dan menempatkan kita sebagai produsen atau penyedia informasi. Orang yang hobi membaca belum tentu bisa menulis, tapi orang yang hobi menulis pasti sering membaca. Agak susah memang membudayakan membaca bagi masyarakat kita. Apalagi menulis.
Sekarang kegiatan tulis menulis tidak terbatas di media kertas saja tapi sudah merambah ke dunia multimedia. Jika dulu orang hanya menulis teks doang, sekarang dengan adanya teknologi multimedia kita dapat menggabungkan gambar, suara dan video kedalam tulisan kita. Jika dulu menulis hanya terbatas di buku, koran atau majalah sekarang kegiatan menulis bersifat lebih indepeden tanpa batasan karena bersifat online dan dapat menulis apa saja di mana saja kapan saja. Syaratnya adalah menggunakan teknologi internet.
Salah satu wadah tulis menulis di internet adalah lewat e-mail, baik itu ke sesama teman, relasi atau rekan bisnis. Lalu meningkat lagi dengan ikut forum diskusi atau mailing list. Sampai akhirnya muncul teknologi web yang memungkinkan kita mempunyai rumah sendiri di internet dan memungkinkan kita bebas menulis apa saja di rumah kita tersebut. Akhirnya 'rumah' itu disebut dengan 'web site' atau situs web. Jika di dunia nyata ada buku harian, maka di dunia maya/internet pun ada 'buku harian' pula yaitu blog. Blog merupakan format situs web yang paling sederhana. Di dalam blog kita bebas menulis, mencurahkan isi hati kita, berbagi pengalaman, informasi, ataupun juga berbagi ilmu.
Berdasarkan informasi yang saya dapat, ada berbagai macam format atau bentuk situs web. Yaitu:
  • Blog
  • Portal
  • Komunitas Sosial
  • Forum
  • Search Engine (mesin pencari)
  • Wiki
  • Portfolio/Gallery
Semua format di atas dibuat tergantung target dan ketertarikan pengunjung pada suatu hal atau topik. Misalnya jika hanya ingin tulis menulis cerita maka format blog merupakan format yang paling cocok. Jika ingin mengumpulkan informasi-informasi yang terdiri dari topik-topik tertentu maka format portal paling cocok dipakai.

Bagaimana Membuatnya?

Membuat situs web pada dasarnya sama seperti membuat dokumen biasa di program pengolah kata. Hanya isinya/content dapat terkait ke content yang lain atau disebut juga dengan link. Ini dimungkinkan dengan adanya fasilitas menu. Lalu isi dokumen tersebut tidak dapat diedit tapi hanya dapat ditampilkan oleh program aplikasi penjelajah informasi di internet atau disebut juga browser. Jika isi dokumen terdiri dari teks & gambar maka akan ditampilkan di browser apa adanya. Salah satu kelebihannya dibanding dokumen biasa adalah informasi yang ditampilkan tidak melulu teks dan gambar tapi juga dapat menampilkan unser-unsur multimedia yang lain. Seperti suara, animasi, video dan juga dokumen dapat bersifat interaktif.
Dokumen web berformat teks dan biasanya berekstension .html, .htm, php, dan asp. Dapat dibuat menggunakan teks editor biasa atau program yang khusus membuat halaman web.

0 comments:

Post a Comment

JADWAL WAKTU SHALAT